Pengertian E-Mail (Surat Elektronik)

Pengertian E-Mail


           Email adalah surat melalui media elektronik. Sebenarnya email merupakan singkatan dari “Electronic mail”. Melalui email kita dapat mengirim surat elektronik baik berupa teks maupun gabungan dengan gambar, yang dikirimkan dari satu alamat email ke alamat lain di jaringan internet. Apabila kita mengirim surat melalui email kita dapat memperoleh beberapa keuntungan. Antara lain, dengan menggunakan email surat (informasi) yang kita kirim ke alamat email lain akan secara langsung diterima, selain itu biaya yang kita keluarkan cukup murah. Sebuah alamat email biasanya memiliki format semacam username@host.domain. Saat ini ISP yang menyediakan layanan pembuatan email secara gratis adalah yahoo.com dan plasa.com. Alamat email terdiri atas dua bagian yang dipisahkan oleh tanda @. Bagian pertama merupakan user-id dan bagian kedua menunjukkan penyedia layanan email. Terdapat 3 jenis layanan email, yaitu : POP Mail, Web Based Mail, dan Email Forwarding. 
Berikut adalah penjelasan masing-masing dari ketiga jenis email tersebut : 
1. POP Mail Email jenis ini sama dengan Email yang kita terima dari ISP (connect internet dari rumah atau kantor). Kelebihan utama dari Email jenis POP Mail adalah bisa dibaca secara offline (tidak connect ke internet). Untuk cara mengecek email kita perlu connect ke server Pop Mail, kemudian mendownload semua email yang ada. Setelah itu kita bisa memutuskan connect ke server kemudian membaca email yang sudah didownload tadi. Dan jika sudah siap hendak membalas email yang kita terima tersebut, kita bisa connect lagi ke internet baru kemudian kirim email kita. Untuk itu semua kita perlu menggunakan program client mail seperti Eudora atau Outlock Express. Sedangkan kekurangan dari POP Mail adalah kita tidak bisa membukanya di sembarang tempat. 
2. Web Based email Email jenis ini merupakan email yang ditawarkan berbagai situs penyedia layanan email atau biasa disebut WebMail, misal Gmail, Yahoo, Hotmail, dll. Kelebihan dari Web Based Email adalah kita bisa mengecek email kita dari mana saja dan dengan browser apasaja (contoh; Internet Explorer, Mozilla Firefox, Google Chrome, dll). Sedangkan kekurangan utama dari email berbasis web adalah untuk mengecek email kita harus selalu terhubung ke internet. Bagi yang hanya menerima beberapa atau belasan email tentu tidak begitu terasa. Tapi bagi yang menerima puluhan email atau bahkan ratusan email tentu akan terasa kekurangannya terutama dalam hal biaya (menambah biaya, karena harus selalu connect ke internet). 
3. Email Forwarding Email jenis ini akan terasa manfaatnya bagi kita yang belum menemukan layanan email yang cocok, atau sering ganti email. Pada prinsipnya email forwarding ini merupakan layanan email yang meneruskan email yang dikirim kepadanya ke account email kita yang lain. Kelebihan Email Forwarding adalah kita bisa menyembunyikan alamat email kita yang sesungguhnya. Selain itu kita juga tidak perlu memberi tahu email kita yang baru. Yang kita berikan cukup alamat email forwarding tersebut. Sedangkan kekurangannya adalah karena bersifat sebagai perantara, email tersebut akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sampai ke tempat kita. 

Fungsi Email
  • Alat komunikasi yang mudah, murah dan cepat.
  • Dapat mengirimkan file berupa program, gambar, grafik, dan file lainnya.
  • Dapat mengirim ke beberapa orang sekaligus secara bersamaan.
  • Dapat digunakan untuk mengirimkan surat atau ucapan selamat kepada keluarga di kampung halaman atau di luar negeri.
  • Dalam bidang bisnis, untuk melakukan kesepakatan bisnis atau mengirimkan dokumen penting.
Cara Membuat Email 
1. Buka web browser (misalnya internet explorer). 
2. Ketik alamat www.yahoo.com pada address bar. Maka akan tampil halaman utama dari yahoo.com. 
3. Kemudian klik tab mail yang ada pada halaman utama tersebut. Akan tampil halaman mail yahoo.com sebagai berikut : 
  1) Pilih “Sign up for Yahoo!”. 
  2) Isi semua form yang ada dengan benar. Panduannya tersedia di halaman berikutnya. Form  registrasi tersebut adalah sebagai berikut. 
• Mengisi First name : Nama depan, dan juga Last name : nama belakang. Kalau seorang hanya mempunyai nama satu kata saja (aliran satu kata), maka dapat ditulis dobel/sama. 
• Pilihlah Preferred content, untuk defaultnya adalah Yahoo! Us. 
• Mengisi Gender (Male atau Female). 
• Mengisi Yahoo! ID. Yahoo! ID terdiri dari huruf a-z, angka 0-9 dan tanda penghubung garis bawah (underscores). 
• Password : Isi passwordnya dengan karakter, angka atau gabungan dari keduanya. Password tidak boleh lupa, karena kalau seandainya lupa, maka kita nanti akan kerepotan dan tidak dapat membuka alamat email yang kita buat. Tulislah password sebanyak dua kali pada kolom yang berbeda, dengan password yang sama. 
• Security Question : Digunakan apabila kita lupa terhadap password, maka kita dapat mengikuti petunjuk dengan security tersebut. 
• Mengisi tanggal kelahiran dengan format : Bulan, Tanggal dan Tahun kelahiran. Isi sesuai dengan kondisi kita. 
• Mengisi ZIP / Postal Code : Isikan kode pos. 
• Mengisi Alternate Email ( optional ) : Tidak wajib diisi atau boleh diisi jika sudah punya alamat Email. 
• Industry : Pilihlah industri yang sesuai. 
• Title : Isi dengan nama jabatan kita pada industri atau lembaga tempat bekerja. 
• Specialization : Isilah sesuai dengan spesialisasi saudara bekerja. 
• Mengetikkan kode yang sama seperti tertulis di dalam kotak dibawahnya. 
• Menulis security text. 
• Setelah semuanya selesai, maka tekanlah menu “I Agree”.


Demikian semoga bermanfaat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Bloger

Macam Macam Teknologi Informasi